Jumat, 28 Januari 2011

RPP DAN SILABUS GROW WITH ENGLISH


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN                        :           BAHASA INGGRIS
KELAS/SEMESTER             :           IV/2, Unit 4 Pelajaran 2
WAKTU                                 :           2 x 35 menit


A.  STANDAR KOMPETENSI
1.   Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
2.   Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas

B.  KOMPETENSI DASAR
1.1. Merespon  dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks  kelas
1.2. Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas

2.1. Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak     tutur: memberi perintah
                                         
C.  INDIKATOR
1.   Mendengarkan dan mengulangi
2.   Mengajak seseorang melakukan sesuatu
                                                                                   
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1. Mendengarkan dan mengulangi
1.2.            Mendengarkan dan melakukan instruksi sederhana

2.1. Mengajak seseorang melakukan sesuatu
                                                                       
E.  MATERI
Penjelasan dari narasumber

1.1. Pokok-pokok pembicaraan:
a.   Let’s draw a face.
b.   Draw two big eyes.

2.1. Jawaban
a.   OK.
b.   Two big eyes. OK.

F.  METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Presentasi
G.  LANGKAH PEMBELAJARAN

I.    Pendahuluan
a.   Siswa bertanya jawab tentang informasi yang didengar dari guru
b.   Siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai

II. Inti
a.   Siswa mendengarkan penejelasan dari guru
b.   Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan dari guru
c.   Siswa mendengarkan dan melakukan instruksi-instruksi yang diberikan oleh
      guru
d.   Siswa melihat dan mempraktekkan apa yang dijelaskan guru
e.   Siswa mendengarkan dan menggambar
f.   Siswa berlatih berpasangan

III. Penutup
a.   Siswa mengungkapkan berbagai permasalahan yang muncul saat KBM
b.   Siswa mengaitkan hasil pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa

H.  SUMBER/ALAT/BAHAN
I.   Sumber
II.  Alat/Media
a.   Contoh penjelasan dari narasumber (berupa teks)
b.   Radio, tape recorder, rekaman kaset.

I.  PENILAIAN
a.   Tulis dan lisan
b.   Mandiri dan/atau Kelompok (pasangan)
c.   Soal dan/atau Tugas


                                                                        ..................... 20...........


Menyetujui.                            
Kepala Sekolah.                                                                      Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..................................
NIP .................                                                                 NIP ...........................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar